Blog
media
media

Fiber Optic Technology definition adalah teknologi transmisi data dengan memanfaatkan gelombang cahaya sebagai pembawa pesan dan menggunakan serat fiber optik sebagai pemandunya. Kabel fiber optik tersebut akan mentransmisikan atau mengirimkan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain yang dituju. Sedangkan sumber cahaya digunakan LED atau laser. Adanya fiber optic teknology ini hubungan komunikasi menjadi lebih lancar dan cepat.

Siapa yang memperkenalkan fiber optic technology? Menurut fiber optic technology history, penemuan fiber optik diperoleh sejak yaitu tahun 30 han. Penemuan fiber optic technology pada tahun 1930 diawali oleh ilmuwan Jerman yang bereksperimen mentransmisikan suatu cahaya pada bahan serat optik. Namun pada saat itu masih banyak cahaya yang hilang di perjalanan. Kemudian teknologi serat optik semakin berkembang dan terjadi perkembangan yang fantastis di tahun 1960 saat ilmuwan Jepang dapat membuat serat optik untuk mentransmisikan suatu gambar. Pada tahun 1960 ini juga ditemukan serat optik yang memiliki kemurnian sangat tinggi. Dan pada tahun 80-an kabel fiber optic technology telah mengalami kemajuan berarti sehingga hanya sangat sedikit cahaya yang hilang di perjalanan. Hal ini mengubah dunia dengan memberikan kemungkinan koneksi super cepat dengan hanya sedikit gangguan.

Saat ini fiber optic technology digunakan untuk menunjang komunikasi di semua penjuru dunia dan dibangun Fiber Optic Link Around The Globe atau yang disingkat FLAG. Dengan adanya fiber optic network tersebut dapat menyediakan fiber optic technology yang baru dan infrastruktur bagi generasi internet dengan teknologi lebih canggih hingga penjuru dunia. FLAG merupakan jaringan kabel dengan ukuran yang terpanjang di dunia.

Fiber optic internet akan mengirimkan sinyal-sinyal informasi dan mengirimkan ke penerima. Untuk mengirimkan dan menerima sinyal tersebut dibutuhkan komponen pendukung. Komponen pendukung untuk fiber optic technology tersebut, yaitu cahaya pembawa informasi, optical transmitter atau pemancar, kabel fiber optic, optical regenerator atau repeater atau amplifier dan optical receiver atau penerima. Dengan penggabungan komponen tersebut dapat mengirimkan sinyal informasi dan dapat diterima dengan baik.

Umumnya optical fibre applications digunakan untuk keperluan teknologi industri dan informasi. Dalam industri, fiber optic technology digunakan untuk peralatan dalam dunia kedokteran maupun seni. Kecanggihan fiber optic techlogy semakin maju dengan munculnya beragam pilihan types of optical fiber yang disesuaikan dengan penggunaannya seperti indoor maupun fiber optic outdoor. Dengan adanya teknologi fiber optik tersebut memudahkan pengiriman informasi yang lebih cepat dan lancar meskipun terhalang dengan jarak.

Fiber optic technology tidak hanya digunakan untuk keperluan komunikasi saja. Namun juga dimanfaatkan untuk keperluan medis. Salah satu peralatan medis yang menggunakan teknologi fiber optik adalah endoskopi. Peralatan ini dapat berfungsi untuk melihat keadaan di dalam tubuh secara menyeluruh dan jelas. Serat optik dimasukkan ke dalam endoskopi untuk membawa cahaya dan mentransmisikan gambar ke kamera.

Aplikasi fiber optik yang lain adalah fiber optic lighting. Fiber optik berfungsi untuk memberikan cahaya sehingga menghasilkan efek cahaya yang indah. Biasanya aplikasi fiber optic tersebut digunakan sebagai lampu seperti di kolam renang, di rumah dan jalan.

Pertanyaan digunakan untuk apa fiber optic technology yang banyak dialami oleh orang awam terjawan sudah. Teknologi ini memungkinkan perkembangan yang sangat pesat di berbagai bidang. Aplikasi teknologi fiber optik akan membuat kehidupan menjadi lebih baik.


  • Nov 29, 2016
  • Category: News
  • Comments: 0
Comments: 0

No comments

Leave a Reply

Your email address cannot be published. Required fields are marked*